Saturday, October 10, 2015

Pemeran Utama

Apa kau saja karakter utama?
Aku juga karakter utama. -She Was Pretty, ep 8-

Akulah karakter utama dalam cerita hidupku. Mungkin bagi orang lain aku hanyalah karakter pendukung. Meski hanya dipandang sebagai karakter pendukung, aku tetap layak mendapat sorotan layaknya karakter utama.

Dulu aku sering berpikir seperti ini saat bersama teman yang jauh lebih cantik, pintar dan menarik. Saat berjalan bersama teman macam ini, aku nampak seperti butiran debu yang tidak berarti. Di episode 8 ini, SWP benar-benar membuatku berpikir bahwa aku seperti Kim Hye Jin. Jika dibandingkan dengan Min Ha Ri sahabatnya, Hye Jin jauh dari kata menarik secara fisik. Tapi sebenarnya dia orang yang unik dan menarik jika kita menggali karakternya lebih dalam. Dibalik fisiknya yang tampak tidak menarik, ada pribadi yang ulet, cerdas, ceria dan banyak kelebihan lainnya yang tidak ditemukan dalam diri Ha Ri. Orang seperti Hye Jin ini awalnya seperti tak diharapkan namun orang yang telah mengenalnya pasti akan merasa kehilangan jika tidak ada dia.

Sejak dulu aku selalu punya prinsip bahwa kecantikan hati jauh lebih penting daripada kecantikan fisik. Mungkin terdengar seperti seorang pecundang yang berlindung dibalik kata-kata bijak. Ya, awalnya memang seperti itu. Aku seperti seorang pecundang dengan banyak kekurangan secara jasmani yang membela diri atas nama inner beauty. Aku seperti Hye Jin yang berkawan bahkan bersahabat dengan seorang wanita yang lebih cantik, cerdas dan populer. Ketika jalan bersama kawan macam ini, perhatian hanya tertuju pada kawanku ini. Aku hanya terlihat seperti seorang dayang-dayang. Aku benci setiap kali ada dalam situasi seperti ini. Tapi aku selalu berusaha menghibur diri dengan jurus ampuh inner beauty. Namun, seiring berjalannya waktu, temanku yang cantik, cerdas dan populer ini tak sesempurna yang aku bayangkan. Kenyataan bahwa dibalik kecantikan, kecerdasan dan ketenaran itu selalu terselip sifat dan sikap jelek dia yang menyebalkan membuat aku patah hati. Ia tak sesempurna putri-putri dari negeri dongeng. Aku berpikir bahwa aku telah salah menilainya. Kecewa, itu yang kurasa. Lama-lama aku meyakini bahwa memang betul kecantikan hati itulah yang paling utama.

Sejak itu, aku lebih percaya diri. Aku berusaha menjadi diriku sendiri dengan segala kekurangan dan kelebihanku. Aku ingin menjadi pribadi ceria, cerdas dan menarik seperti karakter Kim Hye Jin. Biarlah orang lain menemukan kecantikan dari dalam hatiku bukan dari ragaku.

No comments:

Post a Comment