Monday, November 10, 2014

Bahaya Miskom

Ga nyangka... Gara-gara miskom efeknya bisa mengubah suasana lingkungan kerja. Gara-gara miskom yang ga sampe sebaskom bisa bikin orang negative thinking sampe menjurus ke fitnah.
Pantesan banyak pasangan cerai gara-gara miskom. Banyak sahabat menjadi musuh gara-gara miskom. Emang apaan sih miskom itu? Kalau baskom mah keliatan wujudnya, lah kalau miskom?

Miskom itu adalah ketika lo tidak menyampaikan sesuatu yang seharusnya lo sampaikan. Karena lo ga menyampaikan sesuatu tadi akhirnya banyak orang punya interpretasi sendiri yang akhirnya menyebabkan gagal paham atau salah fokus.

Miskom bisa juga berarti lo salah menginterpretasikan hal yang disampaikan dan membuat makna dari sebuah ujaran menyimpang.

Miskom itu adalah ketika lo lagi kangen sama si kokom. Whaaaaattttt? Ini sih salah fokus!!!

Nah, itu tuh beberapa versi penjelasan si miskom. Gue yakin lo ga bakalan milih definisi terakhir.

Terus gimana caranya biar ga miskom? Nah, ntu dia... Gue belom tahu teori yang benernya pegimana. Tapi gue sendiri punya trik-trik nih.

Saat lo ngomong sama orang lain lo harus FOKUS. Sekali aja gagal fokus lo bisa gagal paham sama arah pembicaraan. Terus coba baca arah pembicaraan dan maksud dari yang tersurat dan tersirat.

Kemudian, perluas deh cara pandang lo akan sebuah masalah. Coba liat masalah dari sudut pandang lawan bicara lo. Kadang sulit memahami jalan pikiran orang lain kalau kita ga berada dalam situasi lawan bicara kita.

Kalau gue sih, daripada miskom mending makan misro. Salah fokus lagi!!! Yaaa kalau ga mau miskom, keterbukaan solusinya. Selain itu lo harus menguasai teknik komunikasi yang baik... Biar pada ga gagal paham.

Nah, sekian deh kenalan ama miskomnya. Moga lain kali pada ga gagal paham ye... Atau jangan-jangan lo yang baca blog ini juga gagal paham sama isi tulisan ini? Moga tidak yeeee....

No comments:

Post a Comment